gravatar

Video & Kronologis Gempa Tsunami Jepang



Tokyo, Gempa bumi berkekuatan 8,9 pada Skala Richter yang disusul Tsunami di pesisir timur laut Jepang, telah meluluhlantakkan sejumlah wilayah di Negeri Sakura. Sesaat kemudian, Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan Peringatan Tsunami untuk seluruh pesisir timur Jepang yang menghadap Samudera Pasifik, termasuk 20 negara yang bersentuhan dengan samudera.

Kronologis gempa diawali guncangan kuat pukul 14.46 waktu setempat. Pusaran besar kemudian terlihat muncul di Laut Jepang yang menghadap Samudera Pasifik. Ini yang memastikan akan terjadi Tsunami. Sekitar 30 menit kemudian terjadi gempa susulan berkekuatan 7,4 SR.

Badan Meteorologi Jepang lalu mengeluarkan Peringatan Tsunami untuk seluruh pesisir timur Jepang, yang menghadap Samudera Pasifik, termasuk 20 negara yang bersentuhan langsung dengan samudera. Sejumlah wilayah Indonesia termasuk di dalamnya.

Dalam video stasiun televisi setempat, terlihat gelombang Tsunami menyapu kawasan pusat kota dan menyeret kendaraan yang ada di jalanan. Ribuan kendaraan terseret arus bersama material lainnya. Tsunami juga menyapu kawasan industri dan permukiman.

Sejumlah gempa susulan di sekitar pusat gempa memicu Tsunami kedua. Gambar dari televisi setempat menunjukkan terjadinya dinding gelombang air yang menderu dari tengah laut menuju ke daratan.

Kawasan pertanian di Sendai, tersapu oleh gelombang laut yang membawa puing-puing.(DSY)(metrotvnews.com)

Photobucket

catatan-catatan

Video Streaming HTI

Kitab-kitab Gratis

Photobucket