gravatar

cara mengatasi INSOMNIA dan

Logo Warung Wafo,
numpang promo..
Tadi pagi aku ngobrol dengan seorang teman di warungnya, beliau bersama team Wafo(nama warungnya) semaleman gak tidur karena harus selesaikan katringan untuk 2 acara insidental di dua lembaga dakwah sekaligus. Lembaga dakwah MT Funa Universitas Brawijaya dan Lembaga dakwah Fakultas teknik UM yang diberi nama FUSI. acara keduanya sama meski beda nama, yang di MT Funa namanya training BILT dan yang di FUSI namanya training SMART.

Salah satu dari personel team Wafo terlihat begitu tampak segar meski udah semalaman gak tidur, setelah ditelusuri akhirnya beliau bercerita bahwa beliau kena yang namanya INSOMNIA. Insomnia adalah sebuah gangguan tidur yang ditandai dengan gejala-gejala seperti selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari dan secara terus-menerus (lebih dari sepuluh hari) mengalami kesulitan tidur. Atau penderita sering terbangun di tengah malam dan tidak dapat kembali tidur. Seringkali penderita terbangun lebih cepat dari yang diinginkannya dan tidak dapat kembali tidur.

nah oleh karena itu aku iseng-iseng nyari di google tentang gangguan imsomnia tersebut. dan akhirnya kutemukan beberapa tips untuk membantu penderita insomnia biar bisa cepet tidur, yaitu:

1. Hanya gunakan tempat tidur untuk tidur atau hubungan suami istri (bagi yang udah menikah), tetapi tidak untuk membaca, melakukan pekerjaan administrasi, menonton televisi, camilan atau membuat panggilan telepon.

2. Jika Anda telah berbaring di tempat tidur, tetapi rasa kantuk Anda tidak kunjung datang, cobalah beberapa teknik ini: berdzikir memuji keagungan Alloh swt dan tenangkan pikiran, jangan memikirkan berbagai macam masalah kemarin atau besok hari. Setelah itu, tarik napas panjang selama beberapa detik secara mendalam, tahan beberapa detik, kemudian hembuskan.

3. Sebelum tidur sebaiknya Anda menghindari minuman yang mengandung kafein (tidak hanya kopi, tapi minuman lain seperti teh dan soft drink).

4. Hindari tidur di depan televisi atau Komputer, dan cobalah bangun pada waktu yang sama setiap hari bukan tidur di saat akhir pekan. Latihan setiap hari untuk tidur dan bangun pada jam yang sama guna melatih adrenalin Anda.

5. Beli kasur dan desain kamar tidur Anda dengan ventilasi yang baik serta atur suhu udara yang membuat Anda cepat mengantuk.

6. Anda juga dapat mencoba beberapa cara lain, di antaranya: mandi air hangat, menikmati segelas susu hangat, makan makanan ringan sebelum tidur, saling memijat dengan pasangan(bagi yang udah nikah) atau mendengarkan murottal.

7. Gunakan penutup telinga bila Anda termasuk orang yang tidak bisa terlelap bila mendengar suara bising.

8. Jika Anda mempunyai nyeri sendi atau sakit kepala, minum obat tidur sebelum tidur (tetapi pastikan tidak mengandung kafein).

9. Konsultasilah ke Dokter untuk memastikan masalah-masalah kesehatan dasar (seperti depresi, kecemasan, hipertiroidisme, gagal jantung, atau penyakit paru obstruktif kronik) yang mungkin menjadi pemicu Anda tetap terjaga.


10. Beristighfar dan Berdoa.
     Ingatlah bahwa segala sesuatu yang menimpa kita diluar kekuasaan kita adalah semata-mata ujian atau mungkin peringatan bagi kita dari Alloh swt. maka sepatutnya untuk kita selain berikhtiyar berobat maka kita juga perlu muhasabah, beristighfar dan berdoa.

Allah berfirman dalam QS. Al-Mu'min ayat 60:...ud'uunii astajib lakum...yang artinya: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan kuperkenankan bagimu" Dan Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 186 yang artinya: "Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa, apabila ia berdoa kepada-Ku".

Dalam Hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh At Turmuzi dan Abu Na'im, Rasulullah bersabda yang artinya: "Mintalah kepada Allah dari karunia-Nya, sesungguh-nya Allah suka diminta".

Allah berfirman dalam QS. Al – Hadid, ayat 22-23, ”Tiada suatu bencana (mushibah) pun yang menimpa dibumi dan pada diri kamu melainkan telah tercatat dalam kitab ( Lauhil Mahfuzh ) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah sangat mudah. Supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepada kamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri”.

Rasulullah bersabda,
ماأنزل اﷲ داءإﻻأنز ل له شفا ء ٠ ر و ا ه البخا ري٠
“Allah tidak akan menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia menurunkan juga obat untuk penyakit itu “, (Hr Bhukari ,10/134 no.5678).

janganlah bersedih atas sakit yang menimpa kita karena dibalik itu sungguh nikmat pahala menanti jika kita sabar menjalninya:

‘Setiap muslim yang terkena musibah penyakit atau yang lainnya, pasti akan Allah hapuskan berbagai kesalahannya, seperti sebuah pohon meruntuhkan daun-daunnya.’ (HR. Muslim)

‘Cobaan itu akan selalu menimpa seorang mukmin dan mukminah, baik pada dirinya, pada anaknya, ataupun pada hartanya, sehingga ia bertemu dengan Allah tanpa dosa sedikitpun.’  (HR. Tirmidzi)

Silahkan dicoba tips-tips diatas. Semoga cepat sembuh ya...

Photobucket

catatan-catatan

Video Streaming HTI

Kitab-kitab Gratis

Photobucket