gravatar

Cara Alami Atasi Migrain


Migrain atau sakit kepala sebelah tidak hanya menimpa perempuan tapi juga laki-laki. Bagi perempuan migrain sering dikaitkan dengan siklus menstruasi pada perempuan serta berbagai faktor pemicu lainnya seperti perubahan cuaca, stres, makanan, serta kurang tidur.

Menurut professor of neurology dan director of Inpatient Headache Program dari Montefiore Headache Center di Bronx, N.Y Dr. Brian Grosberg yang diposting di mediaindonesia, 14 Juli 2009, ada beberapa terapi yang bisa Anda coba di rumah untuk meredakan sakit akibat migrain. Berikut beberapa cara pengobatan alami menurut Grosberg.

1. Perbanyak minum air
Menurut Grosberg, dehidrasi merupakan salah satu pemicu utama migrain. Jadi, pastikan jumlah asupan air minum Anda cukup setiap harinya.

2. Minum kafein

Kafein bisa membantu tapi bisa juga memicu sakit kepala. Kuncinya, gunakan dengan jumlah tepat. Kafein bisa mengerutkan pembuluh darah, sehingga meredakan rasa sakit."Jika Anda menggunakan kafein secara berlebih, bisa menyebabkan sakit kepala berkepanjangan dan memperburuk kondisi sakit kepala yang telah ada sebelumnya," tutur Grosberg, seperti dikutip situs foxnews.

3. Mengikatkan headband di sekitar kepala
Cara ini, menurut Grosberg, telah dilakukan sejak abad kuno dan beberapa pasien melaporkan kalau cara ini efektif.

4. Minyak ikan
Pasien pengguna minyak ikan mengklaim kalau minyak ikan bisa mengurangi peradangan dan bekerja dengan mengerutkan pembuluh darah di area pelipis. Meskipun belum ada bukti penelitian, Grosberg juga menganjurkan cara ini.

5. Peppermint oil
Gosokkan di area kepala Anda yang sakit."Beberapa pasien melaporkan kalau cara ini efektif" ujar Grosberg.

6. Jahe
Jahe, menurut Grosberg, berfungsi untuk mengurangi mual. Tapi belum ada bukti ilmiah mengenai manfaatnya dalam mengatasi migarin."Tapi beberapa pasien penderita migrain melaporkan kalau mengunyah jahe juga efetif."

7. Magnesium
Menurut Grosberg, studi telah membuktikan kalau mengonsumsi 400-600 miligram magnesium per hari efektif mengatasi migrain akibat siklus menstruasi dan migrain yang berkaitan dengan aura. Tapi, magnesium juga bisa menimbulkan efek diare. Karena itu, pastikan jangan menggunakan dalam jumlah berlebih.

8. Vitamin B2 (riboflamin)
Menurut Grosberg, mengonsumsi vitamin B2 sebanyak 400 miligram sehari bisa mencegah serangan migrain. Tapi, cara ini juga bisa meningkatkan frekuensi buang air seni pengguna.

9. CoEnzymeQ10

Menurut Grosberg, 300 miligram coenzymQ10 per hari terbukti efektif mengurangi sakit kepala.

10. Kompres panas atau dingin
"Sangat sulit untuk mempelajari hal seperti ini, mungkin saja ada efek placebo, tapi banyak pasien mengaku sembuh," ujar Grosberg.

Meskipun Anda mencoba cara ini di rumah, pastikan Anda tetap membuat diari dan memonitor cara yang berhasil dan yang tidak, serta hal-hal apa saja yang memicu sakit kepala Anda. Catatan ini akan membantu dokter dalam menangani masalah Anda."Secara umum, semakin sedikit obat yang Anda gunakan semakin baik," tegas Grosberg.

Atasi Migrain dengan Terapi Manajemen Perilaku
Ohio: Sebuah penelitian baru menemukan bahwa perawatan psikologis dapat menawarkan solusi baru bagi para penderita migrain. Migrain atau migren adalah sakit kepala yang hanya dirasakan pada sebagian kepala saja, atau pada bagian tertentu saja. Nyeri dirasakan berdenyut-denyut disertai dengan mual, muntah, dan juga takut pada cahaya dan suara. Biasanya ada tanda-tanda akan kemunculan sakit ini, semisal mata berkunang-kunang, atau mata mengabur secara tiba-tiba.

Migrain biasanya dipicu oleh cuaca panas atau dingin, kelelahan fisik dan mental, terlambat makan, minum es. Ada juga dokter yang menyebutkan bahwa migrain disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di otak, sehingga asupan oksigen setempat ke otak berkurang. Kemudian menimbulkan fase nyeri kepala yang berdenyut-denyut. Penyempitan di bagian lain akan menghambat aliran darah sehingga terjadi pembengkakan aliran darah, biasanya di luar tengkorak disekitar kening/pelipis.

Penelitian terbaru menyebutkan mereka yang mengalami migraine beresiko menderita kerusakan otak karena sel-sel otak menggembung dan kurang oksigen. Dalam penelitian tersebut, yang melibatkan 176 peserta yang memiliki migrain akut, Elizabeth Seng dan Dr. Kenneth Holroyd melakukan terapi manajemen perilaku dan terapi obat kepada setengah dari jumlah peserta dan hanya melakukan terapi obat kepada setengahnya lagi.

Hasilnya menunjukkan bahwa penambahan manajemen perilaku disertai dengan terapi obat meningkat secara dramatis dalam menaikkan sugesti yang akan mempercepat proses penyembuhan. Perilaku manajemen juga meningkatkan keyakinan para peserta bahwa migrain dapat dipengaruhi oleh perilaku sendiri dan penurunan keyakinan bahwa migrain terutama dipengaruhi oleh kebetulan atau nasib.(kesehatan.liputan6, 06/09/2010)

Tips-tips lain atasi migrain yang ddapat dari pengalaman bunda azka

1. Jika migrain menyerang, jangan langsung minum obat. Karena jika keseringan minum obat, maka jika        migrain menyerang lagi maka perlu dosis obat yang tinggi untuk mengobatinya.

2. Segeralah minum jahe anget atau bila tidak ada bisa susu hangat maupun teh, supaya pikiran bisa tenang dan badan jadi hangat.

3. Segeralah tidur supaya otot-otot kepala menjadi rileks, jadi migrain bisa hilang.

4. Kalau bisa, olahraga yang teratur karena itu bisa melancarkan peredaran darah.

5. Hindari penyebab migrain seperti hindari stress, dan tidur dengan teratur.

6. Perbaiki sarapan anda,(forum.detik, August 2010).

nah, begitu banyak alternatif untuk mengatasi masalah migrain ini, silahkan anda coba mana yang lebih cocok buat anda. jangan lupa Istighfar dan terus berdoa.... Semoga Berhasil...
wallohu a'lam bisshowab.

Photobucket

catatan-catatan

Video Streaming HTI

Kitab-kitab Gratis

Photobucket