gravatar

maunya sih ditangkap: Bupati subang Eep kabur dengan meloncati pagar dibantu oleh massa pendukungnya

Bandung, Seharusnya hari ini, Selasa (15/3/2011), Kejaksaan Tinggi Jabar bisa saja menahan Bupati Subang Eepn Hidayat. Namun Kejati 'mengalah' membiarkan Eep lepas karena banyaknya massa yang dibawa Eep dalam aksi unjuk rasa di depan kantor Kejati Jabar di Jalan LRE Martadinata.

"Perkara Eep ini sudah P21, sudah memasuki tahapan penyerahan kedua. Seharusnya tersangka sudah ditahan untuk kemudian dilimpahkan ke Pengadilan Negeri," ujar Kepala Kejati Jabar Sugiyanto kepada wartawan di Kantor Kejati.

Ia menuturkan pemanggilan untuk penyerahan pertama telah dilakukan pada Jumat (11/3/2011) namun tanpa alasan, Eep tidak hadir. Malah yang datang justru aksi unjuk rasa membela Eep.

"Pada pemanggilan kedua hari ini, Eep datang dengan aksi unjuk rasa yang membawa massa dalam jumlah banyak," katanya.

Dalam pemanggilan ini, Eep menolak saat diminta masuk ke dalam Gedung Kejati Jabar. Bahkan tadi Eep kabur dengan meloncati pagar dibantu oleh massa pendukungnya.

"Dipersilakan untuk masuk ngga mau. Kita sabar sajalah menunggu. Yang jelas proses hukum berjalan sesuai ketentuan," tuturnya.

Ia pun mengatakan, sebenarnya tadi instruksi penangkapan untuk penahanan pada Eep bisa saja ia berikan. Namun karena tak mau ada bentrokan fisik, hal itu pun urung dilakukan.

"Kita hanya menghindari benturan pada mereka yang tidak tahu apa-apa itu yang saya hindari. Hari ini kalau saya perintahkan tangkap, bisa. Kekuatan kami ini sudah maksimal. Kapolda dan polretabes sudah mendukung. Tapi saya setelah diperhitungkan, saya tidak mau ada benturan. Saat di halaman tadi, saya bilang tangkap, langsung ditangkap itu. Selesai. Tapi saya tidak mau ada bentrokan. Penyerahan tahap 2 ya jadinya gagal," tuturnya.

Untuk langkah hukum selanjutnya, ia mengatakan akan melakukan konsolidasi dengan penyidik. Bila memungkinkan, maka akan dilakukan upaya paksa pada Eep.

Sementara itu, pantauan detikbandung, massa Eep telah membubarkan diri sejak pukul 13.00 WIB. Jalan Riau yang sempat ditutup telah dibuka kembali. Terlihat petugas kebersihan membersihkan sisa-sisa sampah aksi. Arus lalin berangsur normal.(judul Asli: Dikepung Massa, Kejati Batal Tahan Bupati Subang, sumber: detik.com) (tya/ern)

Photobucket

catatan-catatan

Video Streaming HTI

Kitab-kitab Gratis

Photobucket