gravatar

Gaji Pegawai, Gaji Gubernur dan Deputi Gubernur BI

Sekedar informasi, betapa menggiurkan gaji dan penghasilan pejabat di Bank Indonesia, mari kita lihat, dari laporan Tempo Interaktif, bahwa penghasilan Gubernur Bank Indonesia pada 2006 sebesar Rp 265 juta per bulan. Dalam setahun, Gubernur Bank Indonesia bisa mengantungi rupiah hingga Rp 3,18 miliar

Deputi Gubernur dengan nilai tengah gaji pokok Rp 31,9 juta dan tunjangan fungsional Rp 60,6-91 juta, Deputi Gubernur Senior (seperti Miranda Gultom) dengan nilai tengah gaji pokok Rp 35 juta dan tunjangan fungsional Rp 68,6-103,2 juta, sehingga total penghasilan sebulan dapat mencapai Rp.200 juta atau Rp.2,4 miliar per tahun.




Tunjangan yang diberikan untuk level Dewan Gubernur BI ini sangat banyak. Belum lagi ada kenaikan untuk pengembangan seperti kalau ingin melanjutkan sekolah ke tingkat S3, dana pensiun, iuran Jamsostek, Tunjangan Hari Raya, dan sebagainya.(detikfinance.com)

Dalam setahun, pegawai Bank Indonesia mendapat gaji 16 kali. Rinciannya gaji reguler 12 bulan, Tunjangan Hari Raya satu kali gaji, dan insentif tiga kali gaji. Selain itu ditambah lagi gaji untuk  cuti satu bulan dalam setahun. (hukum.kompasiana.com)

Tahun 2011 ini Bank Indonesia mengajukan dana untuk anggaran operasional dalam Anggaran Tahunan Bank Indonesia (ATBI) sebesar Rp 5,2 triliun. Anggaran terbesar yakni gaji pegawai yang mencapai Rp 1,98 triliun dan anggaran pengembangan dan pemeliharaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sebesar Rp 1,84 triliun. Selain itu, Bank Indonesia kembali mendapatkan kenaikan gaji pegawainya sebesar 3-7% untuk level hingga direktur, serta 15-20% untuk pegawai level dasar.(ekonomi.kompasiana.com)

Adapun daftar kenaikan gaji pokok 2011 adalah:

    * Untuk pegawai dasar gaji pokok naik 15-20%. Jadi untuk pegawai dasar rata-rata gaji pokok naik menjadi Rp 500 ribu hingga Rp 1,4 juta.
    * Untuk pegawai tata usaha dan staf gaji pokok naik 10-15%. Jadi rata-rata gaji pokok pegawai tata usaha naik menjadi Rp 800 ribu hingga Rp 2,1 juta. Untuk staf gaji pokok rata-rata Rp 1,7 juta hingga Rp 4,6 juta.
    * Untuk kepala seksi, deputi kepala bagian, dan kepala bagian gaji pokok naik 7-10%. Jadi rata-rata gaji pokok kepala seksi naik menjadi Rp 2,1 juta hingga Rp 8,3 juta. Untuk deputi kepala bagian rata-rata gaji pokoknya naik menjadi Rp 3,1 juta hingga Rp 12,4 juta. Sementara untuk kepala bagian rata-rata gaji pokoknya naik menjadi Rp 5,6 juta hingga Rp 20,9 juta.
    * Untuk pegawai level deputi direktur dan direktur kenaikan gaji pokoknya 3-7%. Jadi rata-rata gaji pokok deputi direktur adalah naik menjadi Rp 6,9 juta sampai Rp 21,4 juta. Lalu gaji pokok rata-rata direktur naik menjadi Rp 12 juta hingga Rp 36,6 juta.

Harry mengatakan semua gaji ini merupakan gaji pokok. Belum termasuk gaji operasional dan lain-lain, serta bahkan tunjangan. Dikatakan Harry untuk posisi direktur BI yang gaji pokoknya Rp 12 juta hingga Rp 36,6 juta kalau ditambah gaji operasional bisa mencapai Rp 130 juta.

"Itu belum termasuk tunjangan-tunjangan," kata Harry.(us.detikfinance.com)

Photobucket

catatan-catatan

Video Streaming HTI

Kitab-kitab Gratis

Photobucket