gravatar

Ada Apa di Balik Kasus Miranda Gate dan Century Gate: Adakah Uang Haram Itu di Balik Kampanye Pilpres?

Negara ini memang negara mega skandal. Setelah rakyat dibuat pusing selama bertahun-tahun oleh kasus suap yang melibatkan Miranda Gultom pada 2004 dan kasus Century pada 2009 yang tak pernah tuntas itu hingga kini,cukup membuat kita bernafas lebih lega. KPK  mulai memproses kasus suap Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia secara hukum. Apa yang selama ini coba digelapkan,mulai menunjukkan titik terang. Dugaan bahwa di balik kasus Mafia Pajak, Mafia Hukum atau Makelar Kasus itu ada keterkaitannya dengan para politisi di negeri ini,sepertinya mulai tersingkap.

Setelah kasus aliran dana Century yang dicurigai digunakan untuk membiayai kampanye Pilpres SBY pada 2009 lalu, kini kasus penyuapan untuk memenangkan Miranda Gultom sebagai Deputi Gubernur Senior BI, pun ditenggarai digunakan untuk membiayai kampanye Pilpres Megawati-Hasyim Muzadi pada 2004 lalu. Benarkah isu itu?
 
miranda gultom
MIRANDA GATE

Petrus Selestinus, anggota Tim Pembela Demokrasi Indonesia, yang menjadi kuasa hukum tujuh tersangka kasus dugaan suap untuk memenangkan Miranda Gultom, sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, mengungkapkan bahwa tujuan suap itu bukan hanya untuk sekedar meloloskan Miranda Gultom. Uang suap itu menurut Petrus, juga ditujukan untuk mengisi pundi-pundi PDI Perjuangan guna mendanai kampanye Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden yang diusung oleh PDI Perjuangan, pasangan calon Megawati Soekarno Putri dan Hasyim Muzadi pada 2004 lalu.

Menurut Petrus, uang tersebut disalurkan oleh DPP PDI Perjuangan kepada para kader PDI Perjuangan yang menjadi kliennya yaitu Max Moein, Soetanto Pranoto, Matheos Pormes, Ni Luh Mariani Tirtasari, M.Iqbal, Engelina Pattiasina dan Poltak Sitorus. Uang itu digunakan untuk keperluan memenangkan pasangan Mega-Hasyim di daerah pemilihan ( dapil ) mereka masing-masing, ungkapnya kepada Tribun News.com pada Minggu (30/1).

Petrus mengatakan bahwa kliennya sama sekali tidak mengetahui bahwa uang tersebut berhubungan dengan instruksi partai dalam pemilihan Deputi Gubernur Senior BI tahun 2004 lalu. Mereka hanya menerima instruksi dari ketua Fraksi Tjahjo Kumolo yang mewakili partai saat itu,  bahwa mereka harus memilih Miranda dalam pemilihan DGS BI tersebut.

CENTURY GATE

Belum hilang dari ingatan kita tentang peristiwa hengkangnya Sri Mulyani,sang menteri kesayangan SBY dari kursi Menteri Keuangan pasca kasus bailout Bank Century yang ditenggarai melibatkan dirinya. Bank Century adalah bank yang dinyatakan gagal berdampak sistemik karena dapat mengganggu perekonomian nasional, sehingga perlu diselamatkan dengan cara mengucurkan dana talangan sebesar Rp 6,7 triliun. Keputusan penyelamatan Bank Century itu diambil oleh Komite Stabilitas Sistem Keuangan ( KSSK ) dalam rapatnya yang dipimpin oleh Sri Mulyani, yang saat itu masih menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Ada dugaan, Bank Century sengaja diselamatkan agar sebagian dari dana talangan tersebut dapat digunakan sebagai dana politik, karena secara kebetulan pada 21 November 2008 itu, para politisi sedang mengumpulkan dana guna membiayai persiapan pemilu legislatif dan pilpres tahun 2009. Rumor yang beredar saat itu adalah penyaluran dana bailout Century itu dialirkan ke Partai Demokrat guna memuluskan Pemilihan legislatif dan pemilihan presiden yang diusung oleh partai tersebut pada 2009 lalu.Walau SBY sudah mengklaim itu sebagai fitnah, namun biarlah waktu yang membuktikan.

Gelap pasti kalah melawan terang. Sekecil apapun terang itu, ia tetap dapat menembus kegelapan. Seperti pepatah yang mengatakan bahwa sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Kita tetap harus percaya bahwa kebenaran adalah kebenaran. Kebenaran tidak selamanya dapat ditutupi. Seperti bangkai, akhirnya ia akan tercium juga. Kita percaya Tuhan tidak tidur. Ia tidak pernah terlelap. Akan ada waktunya, Ia akan memunculkan terangNya bagai siang sehingga tidak ada satupun yang dapat bersembunyi dari keadilan-NYA.(politik.kompasiana.com, 31 January 2011)

Photobucket

catatan-catatan

Video Streaming HTI

Kitab-kitab Gratis

Photobucket