gravatar

Militer Suriah Tembaki Demonstran, 70 Tewas

Amman, Setidaknya 70 orang tewas dalam demonstrasi di Suriah. Ini merupakan jumlah korban tewas tertinggi dalam satu hari sejak protes terhadap pemerintahan Presiden Bashar al-Assad meletus bulan lalu.

Komisi HAM Suriah, Sawasiah, menyatakan, sebanyak 70 warga sipil Suriah tewas. Direktur Kelompok Peduli HAM, Insan, Wissam Tarif, memberikan data yang sama dengan Sawasiah.

"Sejauh ini, 72 orang dilaporkan tewas. Sedangkan jumlah yang terluka lebih dari 80 orang di Homs dan pedesaan dekat dengan Deraa," kata Wissam seperti dikutip reuters, Jumat (23/4/2011).

Jumlah korban meningkat tajam dalam beberapa jam saja. Sebelumnya, seorang aktivis Ammar Qurabi mengungkapkan setidaknya 49 orang tewas. Mereka tewas karena ditembak dan beberapa lainnya menghirup gas air mata.

"Ada banyak orang terluka dan banyak yang hilang. Kami yakin setidaknya ada 20 orang hilang, beberapa percaya mereka mati," katanya.

Puluhan ribu orang, yang awalnya menuntut reformasi dan kebebesan, turun ke jalan-jalan kota di seluruh Suriah serta meneriakkan penggulingan rezim al-Assad.

Seperti dalam revolusi Tunisia dan Mesir yang menggulingkan Hosni Mubarak dan Zine al-Abidine Ben Ali, mereka memberontak terhadap kurangnya kebebasan dan kesempatan serta korupsi yang telah memperkaya elit sementara sepertiga dari warga Suriah hidup di bawah garis kemiskinan.(detik.com, Sabtu, 23/04/2011)

Photobucket

catatan-catatan

Video Streaming HTI

Kitab-kitab Gratis

Photobucket