gravatar

Lansia Gelandangan Bolak Balik di Razia, nun jauh disana DPR Foya-foya

lansia kena razia
SOLO, Fasilitas berlimpah anggota DPR di Jakarta sangat jauh berbeda dengan kenyatan warga di sejumalah daerah, terutama masyarakat miskin. Konon janji-janji yang mereka tawarkan pun kini dilupakan hingga kesejahteraan rakyat kecil tidak berubah.

Inilah yang dialami Narti, lansia asal Kota Solo Jawa Tengah. Karena kemiskinian dan tidak punya keluarga, Narti terpaksa mencari uang dan tidur di jalanan. Alhasil Narti pun diamankan Satpol PP yang sedang melakukan razia pengamen, gelandangan, dan orang telantar, Kamis (14/4/2011).

Narti kemudian dibawa ke panti sosial Solo. Narti tidak sendiri, belasan lansia miskin lainnya pun mempunyai nasib yang sama. Mereka harus berursan dengan petugas Satpol PP Kota Solo. Menurut keterangan, Narti adalah pelaku lama yang kerap terjaring dalam razia. Mereka ditertibkan karena dianggap telah menganggu ketertiban kota.

Diduga Narti terpaksa menggelandang karena faktor kemiskinian dan tidak ada kerabat. Saat didata petugas pun Narti menolak dan meronta. sai di data mereka yang terjaring langsung di masukkan ke panti sosial untuk dibina. Sebelumnya  belansan lansia yang menggelandang ini terjaring di sejumlah jalan utama kota Solo yang kerap dijadikan tempat mangkal dan bertempat tinggal.

Menurut Suryanto,  Kepala UPTD Panti Wreda, Unit Pelaksana Teknis Daerah kota Solo kebanyakan mereka adalah pelaku lama yang kerap terjaring dalam razia. Meski telah dibina mereka tetap kembali ke jalan. Srianto menambahkan kemiskinian, pengangguran, dan pendidikan kurang menjadi salah satu penyebab mereka kembali ke jalan. Karena itu, pihaknya bekerja sama dengan dinas terkait untuk mengatasai masalah ini.(news.okezone.com, Jum'at, 15 April 2011, judul asli: Razia Lansia Telantar, Sebuah Potret Kemiskinan)

Photobucket

catatan-catatan

Video Streaming HTI

Kitab-kitab Gratis

Photobucket