gravatar

Negara Barat Ternyata 'Membantu' Gaddafi Membantai Rakyatnya Sendiri

Ternyata perusahaan Eropa dan Inggris sebagai pemasok perangkat keras militer yang bernilai ratusan juta euro ke Libya, yang saat ini senjata-senjata yang mereka jual ke Libya sedang digunakan oleh angkatan bersenjata Libya untuk menumpas pemberontakan melawan rezim Kolonel Muammar Gaddafi.

Laporan kontrol terbaru Uni Eropa terkait penjualan senjata, yang dirilis pada Januari lalu, mengatakan negara-negara Eropa telah menerbitkan izin untuk penjualan senjata dan sistem senjata senilai 293.2 juta euro untuk Libya pada tahun 2009 saja.

Inggris menerbitkan izin perusahaan senjata untuk melakukan penjualan senilai 21.7 juta euro untuk senjata ringan, amunisi, ordonansi, komponen penerbangan, peralatan lapis baja dan protektif serta peralatan elektronik militer.

Malta, yang menerbitkan izin penjualan senjata senilai 67.9 juta euro, adalah pemasok senjata terbesar di Eropa ke Libya pada tahun 2009.

Penjualan senjata ke Libya oleh negara-negara barat justru senjata-senjata tersebut saat ini digunakan oleh pasukan Libya untuk menembaki para demonstran tidak bersenjata.

Penjualan senjata ke Libya adalah bagian dari kompetisi yang semakin ketat antara produsen senjata Rusia dan Eropa. Libya mulai melakukan upgrade persenjataan mereka kembali yang di mulai tahun 2004, ketika Amerika Serikat dan Uni Eropa mengangkat sanksi terhadap Libya karena dukungannya terhadap kelompok teroris.(fq/dt)

Photobucket

catatan-catatan

Video Streaming HTI

Kitab-kitab Gratis

Photobucket