gravatar

Obama Ingin Kucurkan Bantuan Rp7,3 Triliunan untuk Arab Spring, Ada Niat Apa?

WASHINGTON, Gedung Putih berencana menggelontorkan dana bantuan ekonomi sebesar lebih dari 800 juta dolar bagi negara-negara Timur Tengah yang mengalami revolusi atau yang dikenal dengan sebutan Arab Spring, Senin (13/2). AS juga berencana tetap mempertahankan bantuan militer kepada Mesir, terlepas dari negara itu masih menahan para aktivis prodemokrasi AS.

Meski AS mengalami defisit anggaran, Obama tetap mempertahankan pengeluaran bagi pengembangan dan bantuan luar negeri. Sementara itu, negeri Paman Sam itu berusaha menekan pengeluaran dari program membangun kedutaan baru dan mempekerjakan lebih banyak diplomat.

Dalam pesan anggaran tahunannya kepada Kongres, Obama meminta bantuan militer ke Mesir dijaga pada tingkat 1,3 miliar dolar AS. Sedangkan, bantuan ekonomi dijaga pada level 250 juta dolar AS karena Mesir sedang mengalami transisi sejak Husni Mubarak lengser tahun lalu.

Proposal tersebut merupakan bagian dari permintaan anggaran Obama untuk tahun fiskal 2013 yang dimulai 1 Oktober. Permohonannya memerlukan persetujuan dari Kongres. Beberapa anggota parlemen telah mendesak pemotongan dana belanja luar negeri untuk mengatasi kekurangan anggaran AS karena marah dengan tindakan Mesir.

Obama mengusulkan 51,6 miliar dolar AS sebagai pendanaan untuk Departemen Luar Negeri AS dan bantuan luar negeri secara keseluruhan. Di dalamnya termasuk bantuan 8,2 miliar untuk zona perang.

Di kongres, di mana anggota parlemen berada di bawah tekanan untuk memangkas anggaran untuk mengatasi defisit AS, salah satu senator Partai Republik memberikan reaksinya.

"Pertama, saya tidak yakin dengan siapa kita akan bernegosiasi dan kemana uang ini akan mengalir. Saya pikir kita harus berhati-hati apakah uang yang kita berikan akan digunakan dengan baik," ujar senator Jeff Sessions yang tergabung dalam komite anggaran senat kepada Reuters.(republika.co.id/14/02/2012)

Photobucket

catatan-catatan

Video Streaming HTI

Kitab-kitab Gratis

Photobucket